Khasiat Pare, Pahit di Lidah Manis untuk Kesehatan Tubuh

Ragam Khasiat dan Manfaat Alami - Anda anti dengan makanan yang memiliki rasa pahit? Jika iya, maka simak ulasan berikut  tentang Khasiat Pare, Pahit di Lidah Manis untuk Kesehatan Tubuh.


Pare Pahit yang Khasiat Manis untuk Kesehatan
Khasiat Pare bagi Kesehatan

Sayuran seperti daun pepaya, pare, sawi pahit, leunca, serta lobak merupakan sayuran yang memiliki rasa pahit. Namun jenis sayuran tersebut memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Pare atau peria (momordica charantina) ternyata sering digunakan sebagai pengobatan tradisional di beberapa negara seperti di Brazil dan Meksiko lho. Pare mengandung banyak mineral, karbohidrat, vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C, kalsium, kalium, seng, zat besi, tembaga, folat dan fosfor. Apa saja manfaatnya ?

Jantung merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh yang harus dijaga. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung ini cukup dengan mengkonsumsi pare. Pare dapat mengurangi kolesterol jahat dalam darah yang menghambat pembuluh arteri pada jantung.

Anti Kanker
Pare memiliki kandungan zat lesichin yang bermanfaat sebagai penangkal sel kanker serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan radikal bebas. Sayuran ini sangat disarankan untuk wanita, karena wanita lebih rentan terkena penyakit kanker dibanding pria.

Khasiat pare mampu mengatasi diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 disebabkan karena ketidakmampuan sel untuk menyerap gula dalam darah akibat produksi insulin yang tidak cukup memadai atau karena resistensi insulin. Untuk kasus kedua, sel-sel tidak dapat menyerap gula karena ketidakefektifan dari insulin yang diproduksi. Penyerapan gula terjadi karena aktivasi AMP(activated protein kinase) dalam sel, dan pare akan mengaktifkan kinase ini sehingga penyerapan gula akan meningkat. Dengan demikian pare berkhasiat membantu mengendalikan diabetes.


Menurunkan Berat Badan
Pare sangat direkomendasikan untuk orang-orang yang sedang dalam masa diet, sebab pare memiliki 16 kalori sehingga mampu mengontrol nafsu makan dan membuat seseorang cepat kenyang.

Membersihkan Darah
Rasa pahit dalam buah pare dihasilkan oleh senyawa yang disebut cucurbitacins. Konsumsi jus pare dapat membantu membersihkan darah, mengobati gatal-gatal akibat darah kotor. Agar khasiatnya lebih terasa, konsumsi jus pare secara rutin pada pagi hari dalam keadaan perut kosong.

Memerangi HIV/AIDS
Adanya kandungan protein alpha-momocharin atau MAP 30 ternyata mampu membatasi perkembangan HIV. Pernyataan tersebut didukung dengan adanya sebuah penelitian yang dilakukan pada beberapa pasien pengidap AIDS yang diberikan ekstrak pare dan hasilnya kekebalan tubuh pasien tersebut meningkat.

Melancarkan Pencernaan
Sayuran pare kaya akan serat, vitamin C, kalium dan karoten. Rasa pahit pada sayuran pare ternyata sangat baik untuk membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit atau susah BAB.

Mengatasi Asma
Sebuah studi dengan konsumsi sayuran pare ternyata mampu merespon indera pengecapan. Rasa pahit pare yang dirasakan oleh indera pengecap tersebut ternyata bisa memperlebar saluran pernafasan. Hal ini sangat baik untuk perkembangan kesehatan pada penderita asma maupun flu, batuk dll.

Pare membantu menjaga ginjal dan kandung kemih tetap sehat. Hal ini tentu sangat berkhasiat  dalam membantu menyembuhkan penyakit batu ginjal.

Menyehatkan Liver
Pare tidak hanya mampu mengikis lemak dalam tubuh tapi juga mampu mengeluarkan racun. Lemak dan racun dalam liver dibuang sehingga liver menjadi lebih sehat dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan Nafsu Makan
Keasaman Trichosanat dan momordicin efektif dalam meningkatkan fungsi pencernaan perut, sehingga dapat meningkatkan nafsu makan.

Mengatasi Masalah Rambut
Sedang untuk masalah pada rambut, pare juga dapat menjaga rambut agar tetap berkilau, menghilangkan ketombe, mengatasi kulit kepala yang gatal, rambut kasar, serta merawat rambut yang bercabang, dan masalah rambut lainnya.

Pare Pahit yang Khasiat Manis untuk Kesehatan
Kandungan Manfaat dalam Pare

Manfaat lainnya yakni pare memiliki efek menurunkan panas, memperkuat fungsi ginjal, limpa, dan hati, pengobatan penyakit disentri, tukak, demam, heatstroke, keringat berlebihan, radang selaput mata, susah buang air kecil, dan lainnya. Namun bagi yang mempunyai kelainan limfa dan lambung, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya. Demikian ulasan tentang Khasiat Pare, Pahit di Lidah Manis untuk Kesehatan Tubuh. Semoga dapat memberi manfaat.



Kata kunci: Manfaat pare untuk diabetes, manfaat pare untuk ibu menyusui, manfaat pare untuk asam urat, manfaat pare untuk pria, manfaat pare untuk kolesterol, manfaat pare bagi kesehatan, manfaat pare bagi kesehatan dan kecantikan, manfaat tanaman pare bagi kesehatan, manfaat sayuran pare bagi kesehatan, apa manfaat pare bagi kesehatan, manfaat daun pare bagi kesehatan, manfaat jus pare bagi kesehatan, manfaat kandungan dalam pare, khasiat pare bagi tubuh, khasiat pare untuk menyembuhkan kanker, khasiat pare sebagai obat diabetes. kegunaan pare untuk kesehatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat Pare, Pahit di Lidah Manis untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Powered by Blogger.