Manfaat Daun Sirih

Sore sahabat ragam, kali ini kita akan membahas tentang khasiat dan Manfaat Daun Sirih dalam bidang kesehatan sebagai obat alternatif alami yang aman dan mampu mengatasi berbagai macam penyakit bahkan yang kronis sekalipun. Daun sirih ini merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh dengan cara merambat dan bersandar pada tiang maupun tanaman lain. Daun sirih mempunyai manfaat yang sangat banyak terutama sebagai obat tradisional. Pada zaman dahulu orang-orang juga menggunakan daun sirih untuk nginang dan terbukti mampu menguatkan gigi dengan cara dikunyah dan dicampur sedikit rempah-rempah lain.

Kandungan Senyawa Daun Sirih
Daun sirih mempunyai  kandungan senyawa sebagai senyawa obat tradisional yaitu seperti minyak atsiri dari daun tersebut mengandung minyak terbang (betlephenol), pati, diastase, seskuiterpen, gula dan zat-zat lainnya. Daun sirih memiliki zat atau senyawa yang memiliki kemampuan untuk membasmi kuman dan bersifat antifungi dan antioksidan. 
Tahukah sahabat ragam apa sajakah manfaat dari daun sirih untuk mengatasi berbagai macam penyakit? Berikut ini adalah manfaat daun sirih :

1.      Mengobati Diare
Diare merupakan penyakit yang menyebalkan dimana membuat anda bolak balik ke kamar mandi untuk BAB. Dan solusi yang paling tepat anda dapat mengambil 6 lembar daun sirih tambahkan 6 butir merica dan 1 sendok makan minyak, kemudian tumbuk hingga semuanya halus lalu gosokkan pada perut.

2.      Mengobati Kanker
Kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya bahkan sebagian orang yang sudah terjangkit banyak yang meninggal karena kanker. Namun daun sirih merupakan alternatif yang aman untuk mencegah maupun mengobati dengan cara mengambil beberapa lembar daun sirih lalu rebus dan tunggu hingga airnya berkurang ¼ dari rebusan tersebut dan campurkan dengan madu kemudian minumlah 3 kali sehari.

3.      Mengobati Mimisan
Daun sirih memang obat yang paling mujarab dalam mengobati mimisan yaitu dengan mengambil daun sirih kemudian digunakan untuk menyumbat hidung agar darahnya tidak keluar lagi.

4.      Melancarkan Buang Air Kecil
Daun sirih dapat melancarkan kencing karena daun sirih bersifat diuretik. Resep ini bisa menggunakan daun sirih kemudian dibuat jus daun sirih dan dicampurkan dengan madu dan susu lalu minumlah 1 minggu sekali.

5.      Mengobati Luka Bakar
Bagi para sahabat ragam daripada menggunakan obat yang berbahan kimia untuk mengobati luka bakar lebih baik menggunakan perasan daun sirih lalu tambahkan sedikit madu dan tempelkan pada bagian yang terkena luka hingga sembuh.

6.      Mengobati Koreng  dan Gatal-Gatal
Koreng dan gatal-gatal disebabkan oleh kuman dan jamur yang menempel pada permukaan kulit karena kurang menjaga kebersihan badan namun jika sudah terkena maka solusinya adalah dengan mengambil 15 sampai 20 lembar daun sirih kemudian rebuslah dengan air dan gunakan untuk mandi atau bisa dibasuh pada bagian yang terkena koreng/gatal-gatal tersebut, gunakanlah selagi masih hangat.

7.      Mengatasi Timbulnya Jerawat
Jerawat (baca: cara menghilangkan jerawat secara alami) adalah masalah utama bagi para remaja tapi jangan khawatir karena anda dapat memanfaatkan daun sirih sebagai obat tradisional alternatif alami dengan mengambil 8 – 10 lembar dan cuci bersih kemudian remas dan tambahkan air hangat lalu gunakan untuk membasuh muka.

Sekian artikel Annisa kali ini tentang Khasiat dan Manfaat Daun Sirih untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat.

Baca artikel terkait :

Kata kunci : khasiat, manfaat, khasiat daun sirih, manfaat daun sirih, benefits of betel leaves.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat Daun Sirih"

  1. sangat banyak seklai ya manfaat dari daun sirih itu gan,,terimaksih informasinya gan..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.